wijanathea.blogspot.com, Jakarta - Ketua Umum Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, mendengar kabar bahwa seorang demonstran meninggal. Hal itu membuatnya sedih.

Di tengah-tengah pengunjuk rasa lainnya di depan gedung DPR-RI, Rizieq mengajak mereka membaca doa untuk demonstran yang meninggal dan luka-luka saat Aksi Bela Islam II itu. "Mereka adalah mujahid, pahlawan," kata Rizieq, Sabtu dini hari, 5 November 2016.

Rizieq menyebut demonstran yang meninggal itu mati syahid. "Semoga menjadi ahli surga, diterima amal baiknya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," ujarnya lagi. "Dia mati syahid untuk membela agama Allah." Rizieq lalu mengajak semuanya membaca Surat Al-Fatihah.

Seusai berdoa dan berorasi bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan, dia meminta demonstran pulang ke rumah masing-masing. "Anda semua bisa pulang ke rumah masing-masing. Bisa tunjukkan akhlak yang baik?" Tanya Rizieq. "Bisa," jawab pendemo lainnya.

Kepolisian Daerah Metro Jaya menyatakan seorang pendemo dalam aksi 4 November kemarin meninggal karena asma. Korban bernama M. Syachrie Oy Bcan, 55 tahun, yang berprofesi sebagai karyawan swasta juga guru mengaji.

REZKI A | GHOIDA RAHMA